Selasa, 12 September 2017

ISTILAH - ISTILAH DALAM TEKNOLOGI INFORMASI

ISTILAH-ISTILAH DALAM

TEKNOLOGI INFORMASI

            
  • Pemrograman

Hasil gambar untuk pemrograman

Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritmalogikabahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

  • OOP (Object-Oriented Programming)
Pemrograman berorientasi merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bahasa pemrograman yang mendukung OOP contohnya : java, c++. Pascal, c#, visual basic.net , dll.

  • Pemrograman Terstruktur
Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami.
Bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman terstruktur contoh : Cobol Turbo Prolog, Delphi, Borland Delphi.
  • Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, dan apabila dieksekusi akan menghasilkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian.
SI dapat dikategorikan dalam empat bagian:
1.     Sistem Informasi Manajemen
2.     Sistem pendukung keputusan
3.     Sistem Informasi Eksekutif
4.     Sistem Pemrosesan Transaksi
Komponen sistem informasi :
  • Komponen Input = input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi.
  • Komponen model = kombinasi prosedur,logika,dan model matematika yang memproses data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  • Komponen output = output informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
  • Komponen teknologi = teknologi merupakan alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan untuk menerima innput, menjalankan model, minyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan memantu pengendalian sistem.
  • Komponen basis data = merupakan kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan didlm komputer dengan menggunakan softwre database.
  • Komponen kontrol = pengendalian yang dirancang untuk menanggulangi gagguan terhadap sistem informasi.

  • Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan atau  Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.

Implementasi kecerdasan buatan dapat diterapkan pada bidang:
  • Visualisasi computer = Contohnya mengenali sebuah pola pada suatu gambar.
  • Pengenalan Suara = Contohnya perintah komputer dengan menggunakan suara user.
  • Sistem Pakar = Contohnya program komputer yang dapat mendiagnosa penyakit dengan memasukan gejala-gejala yang dialami pasien.
  • Permainan = Contohnya permainan yang memiliki fasilitas orang melawan komputer.
Metode-Metode Kecerdasan Buatan :
1. Sistem pakar
2. Pertimbangan bedasar kasus
3. Jaringan bayesian
4. Kecerdasan buatan berdasar tingkah laku Kelebihan Kecerdasan Buatan :
1. Bersifat permanen
2. Mudah diduplikasi dan disebarkan
3. Dapat didokumentasi dan cara kerja lebih cepat, hasil lebih baik serta lebih murah.
  • Jaringan Komputer

Jaringan komputer(Networking)adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server).  Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan computer.
Berdasarkan fungsinya dibagi menjadi 2 yaitu :
  • ·       Jaringan Klien-server (Client-serverJaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi  server dari komputer lainnya yang sebagai klien.
  • Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer) Model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau beberapa komputer, dimana setiap station atau komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagi.
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas :  
1.     Topologi bus
2.     Topologi bintang
3.     Topologi cincin (Topologi Ring)
4.     Topologi mesh
5.     Topologi pohon (Topologi Tree)
6.     Topologi linier

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERBEDAAN HUB, SWITCH DAN ROUTER

PERBEDAAN ROUTER, SWITCH DAN HUB  1. Router      Router meruapakan suatu perangkat yang mampu menunjukkan rute/jalur(route) d...