Senin, 18 September 2017

PIRANTI PEMROSESAN

piranti pemrosesan

Control Processing Unit (CPU)
Hasil gambar untuk gambar prosesor

CPU disebut juga dengan processor, merupakan komponen pengolah data  dan merupakan komponen terpenting dalam system computer.
Struktur CPU :
  • ALU (Arithmetic Logic Unit)
ALU adalah salah satu bagian dalam sistem komputer yang fungsinya melakukan operasi / perhitungan aritmatika dan logika sesuai dengan instruksi program. ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmetika dan unit logika boolean. Perhitungan dalam ALU menggunakan kode binerALU mendapat data dari register. Kemudian data tersebut diproses dan hasilnya akan disimpan dalam register tersendiri.
  • CU (Control Unit)
Control Unit merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan computer, Control Unit juga mengatur kapan alat input menerima data, mengolah, dan menampilkan proses serta hasil pengolahan data.
  • Register
merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses paling tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses. Register-register dapat dibaca dan ditulis dengan kecepatan tinggi karena berada pada CPU. ALU hanya akan mengeksekusi instruksi yang telah disimpan pada register.
  • CPU Interconnection (Interkoneksi CPU)
CPU interconnection, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register – register dan juga dengan bus – bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama dan I/O.  
RAM (Random Access Memory)
Hasil gambar untuk gambar ram

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat dalam sebuah komputer atau gadget yang dapat mengakses memori secara acak dengan cepat. Terkadang RAM juga disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat. Fungsi dalam sebuah gadget, begitu juga dengan RAM. Fungsi utama RAM antara lain:
  •  Membaca Data
Data yang tersimpan dalam harddisk biasanya akan lebih lama ditampilkan karena bisa dikatakan harddisk adalah perangkat memori yang bekerja dengan lamban.
  • Penyimpanan Sementara
      Selain membaca data, RAM juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat suatu program sedang dijalankan.
ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya adalah Media penyimpanan untuk File sistem yang datanya tidak bisa diubah, di tambah. Hanya dapat dibaca dan bersifat permanen.

Perbedaan Static RAM dan Dynamic RAM :
Dynamic RAM harus terus-menerus di-refresh karena memori ini bersifat dinamis (berubah-ubah). Jika tidak, beban listrik pada kapasitor di dalamnya akan habis dan data akan hilang. Dan Static RAM tidak perlu di-refresh secara berkala seperti DRAM.

Jenis RAM :
  •          DRAM (Dynamic Random Access Memory)
  •          SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)
  •          RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)
  •          SRAM (Static Random Acess Memory)
  •          EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)
  •          FPM DRAM (First Page Mode DRAM)
  •          Flash RAM
  •          VGRAM (Video Graphic Random Access Memory)
  •          DDR SDRAM (Double Date Rate SDRAM)
  •         SO – DIMM (Small Outline Dual in-line Memory Module)

Read Only Memory (ROM)

Read Only Memory diartikan sebagai memori yang hanya dapat dibaca, jadi memori ini tidak dapat diisi atau ditulisi sewaktu-waktu. Proses pengisian atau penulisan data, informasi, ataupun program pada ROM memerlukan proses khusus yang tidak semudah dan se-fleksibel cara penulisan pada RAM.
Fungsi ROM :
      ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak / program tetap yang berhubungan dengan perangkat keras.
      Pada perangkat komputer, sering ditemukan untuk menyimpan BIOS. Pada saat sebuah komputer dinyalakan, BIOS tersebut dapat langsung dieksekusi dengan cepat, tanpa harus menunggu untuk menyalakan perangkat media penyimpan lebih dahulu

Jenis-Jenis ROM :
·         MROM (Mask ROM)
·         PROM (Programmable ROM)
·         EPROM (Erasable Programmable ROM)
·         EEPROM ( Electrically Erasable Programmable ROM)
·         Memori Flash

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERBEDAAN HUB, SWITCH DAN ROUTER

PERBEDAAN ROUTER, SWITCH DAN HUB  1. Router      Router meruapakan suatu perangkat yang mampu menunjukkan rute/jalur(route) d...